4 Maret 2013

Kota Pendidikan di Indonesia

Pendidikan telah menjadi harga mati. Pendidikan berperan penting dalam membangun daya saing bangsa, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Di Indonesia, pendidikan telah berkembang dari masa sebelumnya. Kemudian, muncul juga kota-kota sebagai pusat pendidikan. Nah berikut beberapa kota yang dijadikan pusat atau acuan pendidikan di tanah air

Jakarta

 
 
Jakarta merupakan kota pusat berbagai bidang. Mulai ibukota Negara sebagai pusat pemerintahan, pusat bisnis, bahkan menjadi salah satu pusat pendidikan. Siapa tak kenal Universitas Indonesia, salah satu perguruan tinggi terbaik di tanah air, didirikan dan sebagian perkuliahan berlokasi di Jakarta meskipun pusatnya sekarang telah dipindahkan ke Depok. Masih banyak perguruan tinggi lain maupun sekolah menengah (SMP-SMA) berkualitas lainnya. Posisi Jakarta yang strategis dan memegang peranan penting meningkatkan pendidikan di ibukota negara ini.

Bandung


 Sejak jaman kolonial Belanda, Bandung menjadi tujuan pelajar-mahasiswa dari berbagai penjuru tanah air untuk melanjutkan pendidikanny. Saat itu yang ada hanya Technise Hoge School (THS) yang sekarang nomenklaturnya Institut Teknologi Bandung (ITB). ITB, tetap menjadi salah satu kampus favorit di Indonesia. Kemudian muncul Perguruan Tinggi lainnya. Cuaca Bandung yang tidak terlalu panas menjadi nilai tambah sendiri bagi kemajuan bidang pendidikan. Mahasiswa menjadi lebih nyaman melanjutkan pendidikan di kota ini.

Yogyakarta

 
Sejak masa awal kemerdekaan Yogyakarta sudah menjelma sebagai kota yang menawarkan pendidikan bermutu bagi orang Indonesia. Hal ini ditandai dengan berdirinya Universitas Gajah Mada, salah satu kampus terpopuler di Indonesia. Bukan hanya itu, banyak pusat dan lembaga pendidikan di Yogyakarta yang bisa dijadikan acuan kemajuan pendidikan. Memang UGM menjadi pelopor berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta.

Malang

 
Malang juga dikenal sebagai Kota Pendidikan, karena memiliki sejumlah perguruan tinggi ternama, Sebagai kota pendidikan, banyak mahasiswa berasal dari luar Malang yang kemudian menetap di Malang, terutama dari wilayah Indonesia Timur bahkan dari luar negeri. Malang menjadi salah satu kota ternyaman dengan udara sejuk di Indonesia. Ini tentunya memberikan nilai lebih tersendiri. Untuk pendidikan menengah (SMA) beberapa sekolah di Malang memiliki prestasi nasional.

Bukittinggi

Bukittinggi memang tidak sepopuler Jakarta, Bandung atau Yogyakarta. Tapi yang harus diingat, untuk wilayah Sumatera: Bukitinggi sejak zaman kolonialis Belanda, kota ini telah menjadi pusat pendidikan. Diawali Kweekschool voor Inlandsche Onderwijzers (sekolah guru untuk guru-guru bumiputera), yang selanjutnya berkembang menjadi volksschool atau sekolah rakyat. Banyak juga tokoh besar lahir dari kota ini. Harus diakui akses dan fasilitas yang lebih baik di Pulau Jawa, membuat pelajar Bukittinggi merantau untuk pendidikan lebih baik. Mereka masuk perguruan tinggi berkualitas macam UI, ITB, UGM, STAN, dan sebagainya.

Sebenarnya kota-kota lain tidak kalah bidang pendidikannya. namun, menurut penulis kota di atas yang sering dijadikan acuan perkembangan pendidikan, dilihat dari kualitas SDM, banyaknya institusi pendidikan, kepedulian pemerintah kotanya dalam pendidikan dan sebagainya. 

Semoga bermanfaat.

'

3 komentar:

  1. Nice post, materi artikel yang bagus. Meskipun blog bukan media massa seperti halnya koran, tapi materi yang disampaiakan dalam blog tetap berpengaruh pada kualitas sebuah blog. Tulisan dengan materi yang baik dan memadai akan lebih mudah diterima saat disertai dengan gaya penulisan yang lugas dan santai. Once again, nice post.


    http://spesialisdesainrumah.blogspot.com, +6281.23.2626.994

    BalasHapus
  2. Nice post, materi artikel yang bagus, materi yang disampaiakan lugas dan santai. Once again, salam DLUHA. WWWdotDLUHAdotORG & wwwDOTdLuhaDOTname.


    www.dLuha.org - www.dLuha.name - www.dLuha.co.id

    BalasHapus
  3. BERARTI SAYA BERUNTUNG TINGGAL DI MALANG DAN BERKULIAH DI MALANG...

    BalasHapus