13 Desember 2012

Kota Terbaik Dunia untuk Investasi Real Estate


Berita terbaru dari Auditor Internasional PricewaterhousCoopers (PwC) bersama dengan Urban Land Institute (ULI) yang merilis kota yang terbaik yang menjadi tujuan investasi real estate. Survei yang tertuang dalam 'Emerging Trends in Real Estate Asia Pacific 2013' ini ternyata menempatkan DKI Jakarta menjadi salah satu tujuan investasi real estate terbaik di 2013.

PwC dan ULI melakukan wawancara dan mengamati lebih dari 400 ahli industri, investor, fund manager, pengembang, perusahaan properti, broker hingga konsultan.

Berikut kota terfavorit yang cocok menjadi tujuan investasi real estate di Asia Pasifik.

5. Kuala Lumpur

 
Kuala Lumpur baru saja menjadi pusat perhatian investasi real estate. Ibu Kota Malaysia ini menawarkan pasar yang stabil dengan kesempatan yang baik bagi pemula. Ketika penjualan properti di Asia melambat pada kuartal III-2012, Kuala Lumpur tidak mengalami hal tersebut.
Prospek jangka panjang untuk pasar properti komersial di Kuala Lumpur cukup menjanjikan dan kuat. Keberhasilan program transformasi ekonomi pemerintah membuat ekonomi Kuala Lumpur juga kuat.

4. Sydney


Sydney mulai mengalami keterbatasan pasokan baru ruang komersial properti dalam beberapa tahun terakhir, meskipun begitu proyek pembangunan sejumlah kantor dan pusat perbelanjaan masih dalam pipeline hingga tahun 2015 nanti.
Kekurangan properti kelas institusional terus menekan volume penjualan, dan harga menjadi melambung. Australia memang telah menyerap investasi real estate lebih banyak secara internasional, baik apartemen, hotel, maupun bangunan lainnya. Ke depan Australia khususnya Sydney masih menarik bagi investor.

3. Singapura


Singapura cukup populer bagi kalangan investor real estate. Banyak yang mengatakan pasar real estate di Singapura merupakan 'safe haven'. Tapi memang tak terlalu spektakuler mengingat keterbatasan lahan. Singapura masih menjadi favorit bagi para investor, PwC dan ULI menempatkannya di posisi ketiga.

2. Shanghai


Sebagai pusat kota di China, perkantoran di Shanghai cukup laris. Demikian pula properti di real estate. Walaupun pemerintah China 'sedikit tertutup' bagi para investor asing, namun prospek properti real estate di Shanghai cukup menjanjikan.
Shanghai merupakan kota terbesar di China, dengan lahan yang masih cukup banyak menjadikan kota ini sebagai salah satu yang terbaik untuk berinvestasi properti real estate.

1. Jakarta


DKI Jakarta menempati posisi pertama kota terfavorit yang cocok menjadi tujuan investasi real estate di Asia Pasifik yang berupa apartemen, bangunan shopping mall, dan sebagainya. Jakarta memang cukup mengejutkan dilihat dari pertumbuhannya. Jakarta dipandang para profesional cukup menjanjikan dari segi investasi real estate.


Jakarta merupakan kota yang paling menguntungkan mengingat investment grade yang telah diraih Indonesia. Investasi asing di Jakarta saja telah tumbuh hingga 39% pada semester I-2012.

Jakarta masih membutuhkan banyak real estate. namun perlu diperhatikan untuk berinvestasi di DKI ini perlu merogoh kocek lebih dalam karena harga tanahnya yang terus melambung.

Itulah lima kota terbaik dunia untuk investasi real estate. Apakah Anda tertarik untuk investasi real estate di salah satu kota tersebut? Semoga bermanfaat!





'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar