5 Desember 2012

Manfaat Berita Daerah

berita

Setiap daerah memang tidak pernah sepi dari kejadian atau peristiwa. Namun tidak setiap kejadian itu diketahui masyarakat. Penyebabnya: bisa jadi masyarakatnya yang tidak (mau) mengikuti perkembangan daerah atau bisa juga karena sumber berita di daerah tersebut belum ada (belum bisa memberikan berita sesuai kebutuhan masyarakat).


Untuk penyebab yang kedua, memang setiap daerah harus memiliki sumber berita yang bisa dijadikan acuan bagi masyarakat. Dengan perkembangan sekarang ini, wajar apabila masyarakat membutuhkan sumber berita terbaru yang terpercaya sebagai informasi kejadian yang beredar di sekitar mereka. Tidak lucu juga apabila masyarakat mengetahui berita nasional tapi apa yang terjadi di sekitar mereka justru porsinya tidak seimbang.

Sebenarnya banyak manfaat saat adanya sumber berita daerah, di antaranya:

          1. Sumber Informasi Bagi Masyarakat 
Tidak bisa dipungkirin lagi, masyarakat tentunya akan mendapatkan informasi mengenai daerahnya. Mulai dari berita terbaru, informasi lalu lintas, maupun nomor telepon penting yang bisa dijadikan rujukan.
          2. Media Silaturrahmi Pemerintah - Masyarakat 
Pemerintah daerah bisa menyampaikan program-program melalui media lokal. Bagi masyarakat tentunya bisa lebih mengenal pemerintah. Korelasi positif ini diharapkan bisa meningkatkan hubungan yang harmonis antara kedua elemen yang saling berhubungan ini. Jika dikupas lebih dalam lagi, masyarakat bisa saja mempunyai 'rasa memiliki' terhadap media lokal tersebut.


Nah, bisa disimpulkan memang besar manfaat berita daerah yang bisa didapatkan. Bukan hanya bisnis media semata, namun bisa menjadi media pemersatu antara pemerintah dan masyarakat.






'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar