7 Desember 2012

Tips Hidup Hemat


Hemat pangkal kaya, itulah kata pepatah. Banyak yang ingin hidup hemat, tetapi dalam prakteknya ternyata susah untuk berlaku hemat tersebut. Memang, ada saja hal yang membuat ‘dompet’ terkuras. Untuk itu harus komit agar hidup hemat bisa menjadi kenyataan. 

Berikut beberapa tips hidup hemat

1. Makan secukupnya
Makan adalah salah satu pengeluaran terbesar dari penghasilan. Tentunya bukan makan asal-asalan, tetap menuntut 4 sehat 5 sempurna. Memasak dirumah merupakan upaya penghematan karena jika kita keseringan makan di luar tentunya akan 2-3 kali membobok anggaran belanja rumah. Frekuensi masak pun jangan terlalu sering. Ini tentunya bisa menghemat bahan untuk memasak

2. Kurangi cuci mata
Cuci mata ini akan berakibat lebih mudah membelanjakan penghasilan untuk barang baru. Kadang untuk hal yang tidak penting, padahal barang-barang yang ada di rumah masih berfungsi dengan baik.

3. Gunakan listrik, air, telepon secukupnya
Hemat listrik, telepon, air otomatis akan mengurangi tagihan. Jangan salah, ini juga pos pengeluaran yang kadang disepelekan. Gunakan sewajarnya saja.

4. Olahraga Teratur
Kenapa? Olahraga teratur akan membuat tubuh menjadi sehat dan terhindar dari penyakit. Otomatis akan mengurangi biaya rumah sakit (dokter, obat).

5. Liburan efektif
Berlibur tidak harus menyewa dengan menginap 1 minggu. Liburan bisa dengan mengunjungi orang tua kerabat, sahabat.


Itulah beberapa cara untuk hidup hemat. Bagaimana? Apakah Anda sudah siap hidup hemat? Mulailah dari sekarang, karena Anda juga yang akan memperoleh manfaatnya.

'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar