11 Desember 2012

Membuka Usaha Media Cetak



Media cetak memang tengah berkembang, apalagi dengan banyaknya berita terbaru. Walaupun mendapat saingan dari media yang bersifat online, media cetak tetap mendapatkan perhatian dari peminatnya. Barangkali ada di antara Anda yang tertarik untuk membuka usaha media cetak? Berikut beberapa panduannya


1. Badan usaha apa yang cocok ?

Untuk usaha yang modal awalnya tidak terlalu besar, family business, agi ingin pembagian laba yang fleksibel, tidak ribet, tidak ikut tender dan belum ingin pinjam uang dari bank, maka CV √°dalah pilihan yang tepat. Kekayaan CV tidak bisa dipisahkan dari kekayaan pribadi. Jadi pemilik adalah direktur aktif, jika terjadi kerugian maka Direktur akan bertanggung jawab secara penuh dengan seluruh harta pribadi untuk mengganti kerugian.


2. Divisi apa saja yg dibutuhkan?

Pada saat memulai bisnis, maka mulailah dengan yang paling sederhana dulu. Cukup divisi pelayanan konsumen yang merangkap sebagai marketing, divisi akunting dan divisi maintenance alat. Orangnya juga dapat dirangkap untuk menghemat biaya, karena di saat awal, fleksibilitas sangat diperlukan.


3. Strategi marketing apa yg cocok?

Strategi marketing yang terbaik selalu dimulai dari pertanyaan: ”kelebihan apa yang saya punyai dibanding kompetitor?” dan ”sebenarnya apa sih yang didinginkan pembeli?”. Ada baiknya dilakukan kampanye yang bisa menimbulkan ”awareness” bagi calon pelanggan. Konsep yang paling murah meriah adalah: ciptakan kegemparan agar terjadi promosi mulut ke mulut. Misalnya memberikan gratis pemakaian kepada teman dan lingkungan rumah, lalu berlanjut ke lomba futsal berhadiah ke sekolah atau pertandingan antar institusi .


4. Bagaimanakah cara pendistribusian agar omzet bisa mencapai target?

Secara umum, target usaha media berita yang diinginkan dapat dicapai jika memperhatikan hal-hal berikut ini: 
1. didukung oleh kompetensi pegawai 
2. didukung oleh pemimpin yang mau beradaptasi
3. tidak ada perubahan sosial ekonomi dan trend  
4. eksekusi strategi yang benar dan 
5. adanya synergy dan commitment mulai dari pucuk pimpinan tertinggi sampai level eksekusi. Nah, cara pendistribusian dapat diturunan dari ke lima hal tersebut.


5. Syarat apa saja yg dibutuhkan untuk membuka perusahaan pertama kali?

Adanya badan usaha, business plan, action plan dll. Namun jangan lupakan juga Syarat human-social side yakni: harus punya mimpi yang tertulis, mampu membangkitkan semangat anak buah untuk mencapai tujuan yang diinginkan, semangat pantang menyerah dan bersedia menerima resiko terburuk.


Itulah sekilas cara membuka uaha cetak. Dengan usaha dan kerja keras, tidak ada yang tidak mungkin. Semoga bermanfat!
'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar